Selasa, 13 September 2011

Cara Menghemat Penggunaan Baterai Laptop

Ada beberapa cara menghemat penggunaan baterai laptop yang bisa di terapkan untuk memelihara baterai laptop agar lebih awet dan efisien. Adapun cara menghemat pemakaian baterai laptop tersebut sebenarnya cukup sederhana, justru hal sepele seperti ini yang kadang kita abaikan. Padahal kalau kita mau menerapkan gaya hidup hemat seperti menghemat pemakaian daya pada baterai laptop seperti ini maka akan menurunkan anggaran pembelanjaan harian.

Nah, adapun tips agar baterai notebook lebih hemat tersebut di antaranya adalah seperti di bawah ini:


  1. Mengatur menu power consumption, yaitu dengan memaksimalkan pengaturan pada power options di control panel, sesuaikan pengaturannya agar pemakaian baterai tidak terlalu boros.
  2. Menerapkan Hibernate atau Standby Mode, aktifkan menu Hibernate agar kalau Anda menunda pekerjaan atau meninnggalkan laptop maka secara otomatis laptop akan beroperasi pada Hibernate atau Standby Mode.
  3. Atur kecerahan layar LCD pada skala yang lebih rendah. Selain menghindari mata lelah saat berlama-lama di depan laptop, menurunkan intensitas kecerahan pada layar laptop juga akan menghemat pemakaian baterai.
  4. Tidak menjalankan progran atau membuka aplikasi terlalu banyak pada waktu yang sama. Selain akan membuat loading lebih lambat, membuka terlalu banyak program pada waktu yang sama juga akan membuat laptop bekerja keras sehingga akan memakai lebih banyak daya listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar