Kamis, 14 April 2011

Tips Memperpanjang Usia Baterai Laptop

Ini adalah langkah sederhana tentang bagaimana kita memperpanjang usia baterai laptop
1.Laptop baru disarankan untuk melakukan 3 siklus penuh, berarti Anda harus mengisi sepenuhnya dan menggunakannya sampai kosong tiga kali. Hal ini adalah wajib untuk memperpanjang usia baterai laptop. Setelah proses ini, Anda harus melakukan langkah kedua.
2. Hindari pemakaian sampai baterai benar2 kosong dan charge cukup sampai 80-90% saja. Baterai drop lebih banyak disebabkan oleh panas karena overcharge, bukan karena frekuensi chargenya. Menghindari cara pemakaian seperti ini membantu memperpanjang usia baterai laptop.
3. Lakukan kalibrasi dengan mengosongkan baterai setiap 30 kali siklus charge.
4. Jaga baterai agar tetap dingin. Hindari lingkungan yang panas. Jika tidak dipakai dalam waktu lama, isi baterai sampi 40% dan cabut dari laptopnya. Langkah ini menjaga agar cell bater anda tetap bagus dan tentunya memperpanjang usia baterai laptop anda.
5. Mencabut baterai. (Hal ini berisiko besar jika Anda memiliki tegangan listrik tidak stabil, boleh digunakan jika Anda memiliki UPS atau yakin tidak akan ada masalah dengan kestabilan listrik)
6. Hindari membeli cadangan baterai lithium-ion untuk digunakan nanti. Perhatikan tanggal pembuatan. Jangan beli stok lama, bahkan jika dijual dengan harga murah.
7. Jika Anda memiliki baterai lithium-ion cadangan, gunakan salah satu sepenuhnya dan simpan di dalam lemari es tapi jangan dibekukan baterai. Untuk hasil terbaik, charge baterai sebesar 40% sebelum disimpan.
Selamat Mencoba

copy from : http://www.mister-laptop.com/tips-memperpanjang-usia-baterai-aptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar